Pengertian dan Prospek Kerja Geologi

Pengertian dan Prospek Kerja Geologi - Saya ingin sekedar sharing mengenai geologi. Mulai dari pengertian hingga prospek kerja di bidang geologi. Saya sendiri merupakan lulusan Geologi Universitas Padjadjaran. Sekiranya saya dapat mengshare tentang apa yang saya dapat selama di bangku perkuliahan.

Seorang Geologist
Seorang Geologist

Geologi

Sebenarnya apa sih pengertian geologi itu? Kalau berdasarkan arti katanya, geologi merupakan bahasa Yunani. Dari kata geo yang memiliki arti bumi, dan logos yang memiliki arti ilmu. Dari pengertian di atas dapat disimpulkan menjadi ilmu yang mempelajari tentang bumi. Tidak hanya buminya saja yang dipelajari, melainkan proses-proses yang berlangsung, dan pengaruhnya terhadap bumi itu sendiri. Sedangkan menurut para ahli, geologi itu ilmu pengetahuan yang mempelajari material penyusun kerak bumi, proses-proses yang berlangsung selama dan atau setelah pembentukannya, komposisi, dan sifat fisiknya. Dalam blog ini juga di jelaskan mengenai Penjelasan Komposisi Isi Perut Bumi.

Ingin mengerti geologi ya sama saja seperti kita ingin mengerti batu. Dari geologi, kita dapat mempelajari deskripsi batuan, komposisinya, deskripsi mineral yang terkandung dari batu tersebut, sejarah batu tersebut terbentuk, retakan-retakan dan zona lemah yang berada pada batu tersebut, umur batuan, fosil yang berada pada batuan, dan lain sebagainya. Nah geologi sangatlah umum dan luas. Istilah kerennya bisa dibilang sebagai dokter bumi. Begitulah Pengertian Geologi. 

Untuk Prospek Kerja Geologi, sangatlah luas dikarenakan geologi itu sendiri luas. Seperti bisa menjadi penentu letak dan arah kemanjuan tambang (geologi di bagian pertambangan), bisa menjadi eksplorasionis (geologi di bagian eksplorasi), bisa menjadi penentuan dimana posisi minyak berada (geologi di bagian perminyakan), bisa menjadi penentuan pondasi dasar sebelum mendirikan bangunan (geologi di bagian pembangunan), bahkan jika anda berjiwa sosial, anda bisa menjadi seorang geologi di bagian kebencanaan terutama di Indonesia yang memiliki gunun api yang banyak, dan masih banyak lagi prospek kerja geologi. Banyak kan kesempatan bekerja di bidang geologi? Anda bisa juga mengumpulkan batu yang nantinya bisa dibentuk menjadi cicin batu akik.

Berminat? Tenang saja di Indonesia sudah banyak geologist yang tidak kalah hebatnya dengan geologi luar negeri. Mari kita lihat juga Sejarah Perkembangan Ilmu Geologi. Tidak perlu takut untuk belajar geologi. Untuk para pelajar SMA yang akan lulus, bisa menargetkan jurusan yang diinginkan ke geologi. Banyak universitas di Indonesia yang memiliki jurusan teknik geologi. Terutama Teknik Geologi Universitas Padjadjaran (karena saya alumnus sini). Apa bedanya geologi dan teknik geologi? Kalau menurut saya, pengertian geologi itu ilmu yang mempelajari tentang bumi, sedangkan teknik geologi itu penerapan tentang ilmu bumi tersebut. Dan juga banyak ahli-ahli geologi yang dapat siap membantu dan mengajarkan kepada kita, bila kita ingin belajar.

Nah karena geologi sangatlah luas, tidak ada salahnya kita membahas pengertian cabang-cabang geologi. 

Cabang-cabang geologi: 
  • Petrologi: Studi yang mempelajari tentang batuan termasuk batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf; asal mula pembentukannya, serta tempat pembentukannya; pengendapannya; klasifikasinya, dan penyebaran batuan tersebut. 
  • Mineralogi: Studi yang mempelajari tentang mineral; deskripsinya yang meliputi nama, sifat fisik mineral, belahan, goresan, kilap, dan lain-lain;  serta kegunaan mineral itu sendiri.
  • Sedimentologi: Studi yang mempelajari batuan sedimen yang meliputi pembentukan dan proses sedimentasi terjadinya batuan sedimen beserta struktur sedimen, fasies, dan lingkungan pengendapannya.
  • Geomorfologi: Studi yang mempelajari bentuk atau roman permukaan bumi serta bentang alam meliputi prinsip-prinsipnya dan asal muasal keterbentukannya.
  • Geologi Struktur: Studi yang mempelajari konfigurasi suatu batuan, perubahan bentuk-bentuk kerak bumi yang diakibatkan oleh adanya gerakan pada kerak bumi tersebut yang menghasilkan lipatan, patahan, dan kekar.
  • Paleontologi: Studi yang mempelajari aspek-aspek kehidupan masa lampau dalam rupa fosil baik makro ataupun mikro pada batuan. Fungsi studi ini untuk menentukan umur relatif suatu batuan dan lingkungan pendendapan batuan tersebut.
  • Stratigrafi: Studi yang mempelajari urutan perlapisan batuan, pemeriannya serta proses-proses sejarah batuan perlapisan tersebut.
  • Geologi Terapan: Studi-studi lain mengenai geologi untuk kepentingan manusia dalam bidang tertentu seperti Geologi Batubara, Geologi Teknik, Geologi Minyak dan Gas Bumi, Geotermal, Hidrogeologi, Geofisika, dan lain lain. 
Bagaiman semakin tertarik kah mencoba untuk belajar geologi? Disini saya juga masih pemula untuk bidang geologi. CMIIW (Correct Me If Im Wrong). Saya juga masih dalam tahap belajar. Jadi tolong bimbingannya untuk para ahli yang mampir pada blog saya.

Terima kasih sudah mau menyempatkan datang ke blog saya dan membaca artikel ini. Apabila ada kritik dan saran, serta koreksi ilmu, saya sangat menerima dan berterima kasih. Sekian artikel Pengertian dan Prospek Kerja Geologi

Sumber: Buku Responsi 2009, 2010, dan bahan ajar selama kuliah

2 Responses to "Pengertian dan Prospek Kerja Geologi"

  1. terima kasih informasinya tentang teknik geologinya,sangat membantu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama kak. Berminant di bidang geologi kah? Hehe.

      Delete

Popular Posts